Tinjau Pengungsi di Jorong Panti, Bupati Eka Putra Siapkan Seluruh Kebutuhan Logistik Mereka

49

Padangexpo.com, Tanah Datar-Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama tim penanggulangan bencana turun meninjau lokasi pengungsian para korban terdampak bencana alam banjir bandang dan tanah longsor beberapa waktu yang lalu di Jorong Panti, Nagari Rambatan, Kecamatan Rambatan, Sabtu (18/05). Saat itu ada tujuh titik lokasi pengungsian dimana lokasi tempat tinggal mereka sementara ini berada di pondok dan tenda bantuan Dinas Sosial di jorong Panti tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra menyampaikan kepada awak media bahwa seluruh pengungsi ini adalah tanggung jawabnya.

“Saat ini saya sedang meninjau warga saya yang mengungsi dari korban banjir bandang dan lahar dingin kemaren. Di sini unik pengungsiannya, mereka membuat pondok-pondok sendiri, mereka sudah di upayakan untuk pindah ke tempat pengungsian di kantor Walinagari tapi mereka tidak mau. Di jorong Panti ini ada sekitar 154 orang pengungsi, dan kita juga sudah mempersiapkan logistiknya untuk warga pengungsian kami di sini,” ujar Bupati Eka Putra.

“Di tempat pondok yang dibangun oleh keluarga ibu Ria ini, ada keluarganya yaitu orang tuanya yang stroke. Makanya ia tidak mau pindah ke lokasi pengungsian karena dia memikirkan keselamatan dan kesehatan orang tuanya. Untuk kebutuhan mereka kita drop dari kabupaten hingga kecamatan dan nanti kecamatan yang menurunkannya ke Walinagari, kebutuhan pokok yang pastinya nanti akan kita siapkan. Yang penting bagaimana masyarakat kita nyaman, menghilangkan dari trauma tadi, ini yang sulit kita mengajak ke tempat pengungsian dan sekarang sudah mulai pembersihan untuk rumah dan lokasi bencana tetapi mental mereka belum siap untuk kembali ke rumahnya. Rata-rata yang saya temui itu trauma. Alhamdulillah besok dari Mabes Polri akan datang tim trauma hiling yang akan kita bawa ke lokasi pengungsi,” lanjut Eka Putra.

BACA JUGA :  Tingkatkan UMKM Berkualitas, Pemkab Tanah Datar Gelar Pelatihan Untuk Kemasan, Label dan Paper Bag

Terakhir, Eka Putra juga menyampaikan kepada keluarga korban yang anggota keluarganya masih belum di temukan terus berupaya mencari korban hilang dengan mengerahkan seluruh personil yang ada.

“Kami hari ini juga terus melakukan pencarian korban yang hilang dengan mengerahkan personil baik itu Marinir, TNI Polri, Basarnas dan relawan lainnya sampai ke perbatasan wilayah Tanah Datar dan Sijunjung. Insyaallah kita upayakan terus hingga membuahkan hasil, kita juga sudah siapkan aning pelacak dan drone termal untuk mempermudah pencarian,” tutup Bupati Tanah Datar tersebut.

Saat itu, Bupati Eka Putra juga membantu memenuhi keinginan mereka dengan memberikan genset 2 unit serta lampu untuk penerangan, selimut, bahan pokok serta apa yang di butuhkan oleh pengungsi.

Hadir pada saat itu Forkopimca dan Walinagari Rambatan beserta perangkatnya, Danyon Marinir, TNI Polri serta rekan media nasional. (Dwi)