Ariswandi: Program GSMS Penting Untuk Kemajuan Pendidikan dan Kebudayaan di Tanah Datar

39

Padangexpo.com, Tanah Datar -Rapat teknis persiapan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2024, di adakan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar, Jum’at (21/06). Mewakili Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Ariswandi, S.Sn selaku Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada acara tersebut menyampaikan bahwa program GSMS ini sangat penting untuk kemajuan pendidikan dan kebudayaan di Kabupaten Tanah Datar, khususnya pelaku seni dan budaya yang semakin berkembang di Tanah Datar.

“Program GSMS ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi yang berkolaborasi dengan daerah. Untuk tahun ini, GSMS kita melibatkan 30 sekolah yang rinciannya 23 dari pusat dan 7 dari Kabupaten Tanah Datar. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa melestarikan dan mengembangkan budaya yang ada di Tanah Datar, dengan pola dan kreasi dari seniman yang menjadi guru pada kegiatan ini terhadap anak murid baik tingkat dasar maupun menengah. Untuk itu, kekompakan dan kesungguhan sangat di perlukan agar kegiatan ini terwujud sebagaimana mestinya sesuai dengan keinginan kita bersama. Semua ada petunjuk teknisnya, dan itu yang harus seniman serta asisten lakukan sesuai dengan juknisnya, maka dari itu, kerjasama sangat penting dalam hal ini, semoga semua bisa terlaksana dengan baik,” papar Ariswandi.

Ariswandi juga mengingatkan bagi para seniman yang tidak optimal dalam pelaksanaan kegiatan ini akan menjadi catatan bagi dinas terkait.

“Kami berharap agar seniman dengan asisten seniman dan kepala sekolah bisa bekerjasama dengan baik. Bagi yang melanggar hak dan kewajibannya nanti akan menjadi catatan bagi dinas, apakah akan di tindaklanjuti sesuai dengan juknisnya atau di ganti di tengah kegiatan. Untuk itu, mohon di jaga kekompakan dan ikuti regulasi yang ada,” sambungnya.

BACA JUGA :  Terkait Wabah PMK, PHBI Tanah Datar Gelar Rapat Jelang Idul Adha 1443 H 

Kegiatan ini di hadiri oleh UPT SD dan SMP penerima program GSMS, seluruh kepala sekolah SD dan SMP serta seniman dan asisten seniman dari tingkat SD dan SMP yang menerima program GSMS ini. (Dwi)