Cerdas Makan Ikan, Ny. Lise Eka Putra Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan

55

Padangexpo.com, Tanah Datar -Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) yang juga sekaligus Ketua Forikan Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra ajak masyarakat mangkonsumsi ikan, mengingat pentingnya ikan untuk pemenuhan gizi dan keamanan hidup bagi Manusia.

“Ikan banyak mengandung asam lemak, omega-3 yang sehat yang dapat mangurangi peradangan, membantu melindungi jantung dan dapat mencegah penyakit kronis lainnya,”ucap Ny. Lise Eka Putra.

Hal itu disampaikan Ny Lise Eka Putra ketika memberikan sosialisasi peningkatan konsumsi makan ikan masyarakat Tanah Datar, Selasa (11/06) di ruangan pertemuan Kantor Wali Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum.

Selain itu Ny. Lise Eka Putra juga sebutkan 10 manfaat menkonsumsi Ikan setiap hari seperti mencerdaskan otak anak, mencegah dimesia, mengatasi penyakit kanker, menyehatkan jantung, menyehatkan persendian, membantu kesehatan janin pada saat ibu hamil, menyehatkan kulit, menurunkan berat badan dan menjaga imun tubuh.

Diakui Ny. Lise Eka Putra konsumsi ikan masyarakat masih rendah hal ini disebabkan oleh masih kurangnya pemahaman masyarakat tentang gizi dan manfaat protein ikan bagi kesehatan dan kecerdasan, dan rendahnya suplai ikan khususnya kedaerah yang masih sulit pendistribusian ikan.

Menyikapi hal itu Ny. Lise Eka Putra berharap Pemerintah Daerah bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk meningkatkan infrastruktur untuk memperbaiki kualitas dan ketersediaan komoditas makanan laut dan kolam.

Menetapkan Peraturan Pemerintah tentang praktik perikanan berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan ikan berkelanjutan dan kualitas ikan yang baik, serta terus mensosialisasikan tentang pentingnya mangkonsumsi ikan.

Sebelumnya Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Harfian Fikri menyampaikan beberapa agenda penting yang akan dilaksanakan Forikan kedepan seperti rapat koordinasi dengan OPD, lomba masak serba ikan tingkat nagari se-Kabupaten Tanah Datar.

BACA JUGA :  AKBP Ruly Indra Wijayanto Pimpin Upacara Sertijab di Polres Tanah Datar

Pelatihan pengurus forikan dan pokja III tentang pangan olahan serba ikan tingkat Kabupaten Tanah Datar, pelatihan PKK nagari terkait pengolahan pangan serba ikan dan penyuluhan makan ikan bagi anak TK dan PAUD. (Dwi)