Media Gathering BPJS

44

Padangexpo.com, Padang Panjang -BPJS Kesehatan Kota Padang Panjang memberikan apresiasi terhadap kepesertaan warga Kota Padang Panjang dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang cukup tinggi dan berfluktuasi dengan total 98,43 persen.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Kota Padang Panjang, Yusneli sebagai pemateri dalam kegiatan Media Gathering yang diadakan BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi dan diikuti sejumlah awak media di Padang Panjang, Jumat (15/6)

Yusneli menyebutkan angka 98,43 persen itu setara 61.748 jiwa dari jumlah penduduk kota kecil yang terdiri dua kecamatan dan 16 kelurahan ini. Pada semester II tahun 2023 berjumlah 62.731 jiwa.

“Kita sangat apresiasi angka kepesertaan yang cukup tinggi terhadap JKN di Kota Padang Panjang, hal ini juga tidak terlepas dari peran Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan iuran terhadap masyarakatnya,” kata Yusneli.

Namun demikian Ia mengungkapkan dari 61.748 jiwa peserta tidak semuanya aktif. Yang aktif hanya 56.321 jiwa atau 89, 79 persen dari total jumlah penduduk pada semester II 2023 sebanyak 62.731 jiwa.

Selain dihadiri oleh sejumlah insan pers Padang Panjang, Media Gathering yang mengusung tema Makna Gotong Royong JKN-KIS, juga hadir Kepala Cabang Bukittinggi diwakili oleh Kepala Bagian SDM, Umum dan Komunikasi Cabang Bukittinggi dan Kadis Kesehatan Kota Padang Panjang dr. Faizah.

Kadis Kesehatan dr. Faizah menyebutkan, Pemko Padang Panjang telah melaksanakan program jaminan kesehatan masyarakat sejak tahun 2014 Program jamkesmas pada waktu itu yang bernama ASKOM kerjasama Pemko Padang Panjang dengan PT Askes.

”Kemudian pada tahun 2017, program jamkesmas murni dari APBD Kota Padang Panjang yang diperkuat melalui Perda Nomor 3 Tahun 2017 tentang JKMPP,” ujar Faizah.

BACA JUGA :  Luapan Air Lereng Gunung Singgalang dan Lahar Dingin Marapi Putuskan Ruas Jalan

Faizah menambahkan Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Kesehatan juga selalu melakukan pendataan kepada masyarakat, sehingga capaian peserta BPJS mencapai sesuai Terget ( yaldi)