TP-PKK Tanah Datar Kembali Salurkan Bantuan

25

Padangexpo.com, Tanah Datar-Upaya untuk terus pulih dan bangkit pasca Banjir Bandang (Galodo) Gunung Api Marapi yang terjadi, Sabtu (11/05/2024) lalu itu terus dilakukan, tidak hanya Pemerintah Daerah semata organisasi non pemerintah yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan seperti Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) pun terus menyalurkan bantuan.

Diantarkan langsung Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra didampingi Pengurus TPPKK kabupaten, Ketua TPPKK kecamatan, sebanyak 116 korban terdampak di Nagari Pasia Laweh menerima paket bantuan berupa sembako, mie instan, selimut, perlengkapan sekolah, perlengkapan bayi, sarung, mukenah dan kebutuhan rumah tangga lainnya, Senin (10/06) di kantor wali nagari setempat.

Disela-sela mengantarkan bantuan tersebut Ny. Lise Eka Putra juga berikan semangat dan motivasi untuk terus bangkit dan bersemangat kembali untuk terus maju dan juga memberikan trauma healing untuk mengatasi gangguan psikologis, seperti cemas dan juga panik.

“Ada hikmah dari bencana ini, semoga ini menjadikan kita semakin dekat dengan Allah. SWT, selalu bersyukur dan semoga bantuan yang diberikan para donatur ini dapat meringankan beban korban yang terdampak, dapat menjadi sitawa-sidingin hendaknya, “ucap Ny. Lise Eka Putra.

Ny. Lise Eka Putra juga sebutkan pemerintah daerah juga berupaya untuk mengatasi atau memperkecil dampak yang akan ditimbulkan jika terjadi banjir lahar dingin seperti menambah lagi pembangunan sabodam, pembangunan Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini jika terjadi bencana, normalisasi aliran sungai, relokasi pemukiman warga yang berada pada zona merah aliran dingin Marapi, dan upaya lainnya.

Sebelumnya Wali Nagari Pasie Laweh Hidayat Dtk. Paduko Sirajo. S.pd. Mpd. menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kepedulian Ketua TPPKK Ny. Lise Eka Putra beserta pengurus yang telah menyalurkan bantuan bagi 116 KK warganya yang terdampak banjir bandang atau galodo tersebut.

BACA JUGA :  Subuh Berjamaah di Arai Pinang, Eka Putra: Mari Ramaikan Mushalla

“Terima kasih Ibuk Lise Eka Putra beserta pengurus TPPKK kabupaten yang telah menyalurkan bantuan bagi warga kami yang terdampak galodo, semoga ini sangat bermanfaat bagi mereka karena pasca galodo ini perekonomian mereka terganggu,”ucapnya.

Disampaikan Hidayat akibat galodo yang melanda tersebut areal pertanian seperti kebun dan sawah warga tertutup kumpul, sehingga perekonomian masyarakat terganggu. (Dwi)