Lise Eka Putra: Masih Banyak PR yang Harus Kita Kerjakan

20

Tanah Datar-Hadir dalam kegiatan Bimbingan teknis penguatan perubahan pembelajaran dalam gerakan transisi Paud ke SD yang menyenangkan, berlokasi di SD N 01 Tabek Patah, Bunda Paud Kabupaten Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra berpesan bahwa masih banyak PR yang harus kita kerjakan dengan kesalahan yang ada di persepsi kita di masyarakat.

“Kami selaku Bunda Paud Kabupaten Tanah Datar bersama Bunda Paud Kecamatan dan nagari hadir di sini sebagai bentuk kepedulian kita untuk saling bekerjasama untuk menyiapkan generasi-generasi harapan bangsa kedepannya. Mari kita pahami lebih jauh miss konsepsi tentang siap sekolah di masyarakat. Artinya kesalahan yang ada di persepsi kita di masyarakat. Apa miss konsepsi tentang siap sekolah yang ingin kita ubah melalui perubahan, yaitu membangun kemampuan pondasi anak untuk memiliki kematangan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran selesai di Paud menuju SD. Ini mungkin jadi PR kita bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar,” ujar Ny. Lise Eka Putra.

Melanjutkan, Ny. Lise Eka Putra menjelaskan kalau anak bisa membaca tapi belum tentu paham artinya. Kegiatan bersekolah suatu kondisi dimana anak memiliki kemampuan untuk mengikuti pembelajaran di SD. Sementara sekarang yang harus kita kejar adalah suatu kondisi dimana anak memiliki pondasi pembelajaran sepanjang hayat. Jangan sampai anak ini dari Paud ke SD dia merasa tidak nyaman. Akibatnya anak-anak tidak mencintai belajar.

“Artinya, pembelajaran dari Paud ke SD haruslah satu nafas. Dari Paud ke SD merupakan transisi, baru nanti siap sekolah. Kesimpulannya, siap sekolah artinya anak memiliki kemampuan pondasi untuk belajar. Kalau pondasinya kuat, Insyaallah akan menciptakan generasi yang hebat. Kita bisa memancing minat bakat anak dengan pola pembelajaran yang di sesuaikan dengan keinginan anak. Guru juga harus paham dengan keinginan anak murid,” sambung Bunda Paud Kabupaten Tanah Datar tersebut.

BACA JUGA :  Wabup Richi Aprian Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi 4.791 Siswa SD dan SMP Sederajat se Tanah Datar

Hadir pada kegiatan tersebut Ny. Lise Eka Putra selaku Bunda Paud Kabupaten Tanah Datar, Inhendri Abas, S.Pd. MM, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar, Arya Nanda Saputra, S.Pd selaku narasumber, Rita Satra, S.Pd,i, Dewi Rosanti, AB, SE dan Marnis serta Bunda Paud Kecamatan dan Nagari. (Dwi)