Lise Eka Putra: PKK Tetap Konsisten Dalam Penangan Pencegahan Stunting

107

Padangexpo.com, Tanah Datar-Pertemuan penguatan koordinasi pendampingan ibu hamil dan ibu pasca persalinan dalam rangka penurunan stunting berlangsung Rabu (4/7) di Aula Bappeda Litbang Kabupaten Tanah Datar. Kegiatan tersebut langsung di buka secara resmi oleh Wakil Ketua Tim Pokja KB/KR BKKBN Sumbar. Hadir juga saat itu Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar, Ny. Lise Eka Putra, Kepala Dinas PMD PPKB, Satgas stunting Kabupaten Tanah Datar, Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kecamatan Batipuh Selatan, TPK Kecamatan Tanjung Baru, TPK Kecamatan Tanjung Emas, TPK Kecamatan Rambatan, TPK Kecamatan Lima Kaum, TPK Kecamatan Pariangan dan TPK Kecamatan Sungai Tarab serta Bidang PPKB.

Pada kesempatan itu, Karnova Hendri, Wakil Ketua Tim Pokja KB/KR BKKBN Provinsi Sumbar melalui laporannya menyampaikan bahwa ada keterkaitan antara stunting dan sumber daya manusia terutama di Indonesia.

“Untuk menuntaskan stunting ini, kita perlu menyatukan kekuatan dalam bentuk kekuatan koordinasi pada ibu hamil dan ibu persalinan pasca ibu hamil. Untuk tingkat Asia, sumberdaya manusia kita sendiri masih kalah dengan negara Myanmar. Maka dari itu, kami berharap dengan kerjasama yang baik mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten kota dengan selalu melakukan sosialisasi dan pengawasan terhadap anak dan ibu hamil serta melahirkan agar tumbuh dengan sehat,” ujar Karnova Hendri.

Ny. Lise Eka Putra pada paparannya mengatakan bahwa PKK tetap konsisten dalam penangan pencegahan stunting.

“Kami konsen untuk bagaimana meningkatkan kesehatan masyarakat kami ada itu dari PKK sampai Dasawisma, sepuluh sampai duapuluh rumah dalam satu kelompok. Kita sekarang sudah mencoba untuk menghidupkan kembali dasawisma yang ada. Kita selalu memberikan arahan dan pendampingan kepada ketua-ketua PKK kecamatan untuk semaksimal mungkin memaksimalkan dasawisma yang ada di daerahnya masing-masing untuk kembali hidup dan berperan aktif,” tutur Ny. Lise Eka Putra.

BACA JUGA :  Pertamina Sumbar Siap Dukung Turnamen Tenis Nasional Bupati Cup 2023

“Peran TP PKK sangat penting di tengah masyarakat untuk memimpin masyarakat,mendorong partisipasi dalam pencegahan stunting, memberikan suri tauladan, panutan dan contoh ke arah yang baik, misalnya makan dengan gizi yang seimbang, memberikan petunjuk kepada ibu hamil dan pasca persalinan untuk pertumbuhan gizi sehat dan seimbang serta menggugah masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Kami turun ke masyarakat adalah untuk edukasi. Kami mengedukasi sumber-sumber di bawah yang memang kondisi rumah berjarak, puskesmas yang jauh dan mereka hanya tau hidup sehari-hari tanpa memikirkan asupan gizi,” lanjutnya.

“Perpaduan antara kondisi ekonomi, rumah yang tidak sehat karena sanitasinya kurang, pemahaman kepada ibu hamil yang belum di pahami. Itulah tugas kami untuk memberikan pemahaman melalui edukasi ini. Juga melalui beberapa langkah-langkah yang kita ambil yang melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan tentang pemahaman dan pencegahan stunting tersebut,” ucapKetua TP PKK Kabupaten Tanah Datar tersebut.

Terakhir, Ny. Lise Eka Putra juga menyampaikan bahwa PKK juga sudah melakukan bapak asuh untuk anak-anak stunting yang ada di nagari yang tidak bisa di bantu oleh anggaran nagari(Dwi)