BUMNag Madani Lubuk Malako Masuk Dalam Nominasi Enam Besar Kategori BUMNag Berprestasi Tingkat Sumbar 2022

318

padangexpo.com (Padang Aro – Solok Selatan)

Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Madani Lubuk Malako masuk enam besar dalam kategori BUMNag berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022.

Tim Penilai Provinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Amriman M. S. Pd, MM, juga turut didampingi oleh Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekdakab Dr. Syamsurizaldi mendatangi Solok Selatan dalam rangka visitasi BUMNag Berprestasi Tingkat Provinsi di Nagari Lubuk  Malako Kecamatan Sangir Jujuan, Kamis (01/09/2022).

Dalam sambutannya, Sekdakab menyampaikan beberapa prestasi yang sudah mampu diraih oleh Kabupaten Solok Selatan. Prestasi terbaru yang diraih diantaranya Juara 2 untuk Dokter dan Perawat Teladan Tingkat Provinsi Sumatera Barat dan juga terpilihnya salah seorang siswa asal solok selatan Faiha Athahillah sebagai anggota Paskibraka di Tingkat Nasional.

Menyinggung keberadaan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag), Dr. Syamsurizaldi menjelaskan saat ini ada tiga puluh delapan (38) BUMNag di Solok Selatan, dengan rincian dua dengan status maju, dua puluh berkembang dan enam belas dengan status rintisan.

‘’Beberapa BUMNag tersebut juga berhasil menyumbangkan Pendapatan Asli Nagari yang disalurkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Nagari. Salah satu BUMNag yang sukses tersebut yaitu BUMNag Madani Lubuk Malako’’, jelasnya.

Untuk diketahui, BUMNag Madani Lubuk Malako mempunyai unit usaha perkebunan sawit, pengelolaan pasar dan jasa transportasi yang telah mampu menyumbangkan Pendapatan Asli Nagari sebesar Rp. 200 Juta dan telah disalurkan ke APB Nagari di tahun anggaran 2022.

Selain itu, BUMNag Madani juga berkontribusi besar untuk Nagari Lubuk Malako, pada dua sektor yang saat ini jadi perhatian adalah sektor infrastruktur dan sektor Pendidikan.

Menurut tim penilai, Amriman M. S. Pd, MM mengatakan bahwa kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melihat langsung kondisi real dari BUMNag Madani Lubuk Malako yang saat ini menjadi salah satu BUMNag berprestasi di Sumatera Barat. Penilaian ini juga dimaksudkan untuk memotivasi para pengurus BUMNag dalam memaksimalkan kinerja, meningkatkan produktifitas serta mampu mewujudkan fungsi BUMNag sebagai wadah penyokokng ekonomi masyarakat.

BACA JUGA :  Tahun ke-3 Progul Pembagian Seragam Sekolah Gratis, Pemkab Solsel Bagikan 21.828 Stel Seragam

“BUMNag diharapkan mampu menjadi pilar utama dalam perkembangan ekonomi masyarakat nagari. Pengelolaan yang optimal dan pemanfaatan sumberdaya manusia yang tepat akan mampu meningkatkan produktifitas”, tuturnya.

Visitasi tim penilai ini juga turut didampingi oleh Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Kepala Jorong dan Unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat Nagari Lubuk Malako. (syahril)