Bupati Eka Putra: Hujan Gerimis di Siang Hari, Rumput Basah Tanah pun Lembab, Selamat Di Lantik Pejabat Walinagari, Laksanakan Tugas Penuh dengan Tanggungjawab

253

Padangexpo.com, Tanah Datar-Pariangan tasabuik Nagari Tuo, di bawah kaki gunuang Marapi, selamat bertemu bapak ibu di Indojolito, dalam rangka pelantikan pejabat Walinagari. Adalah sepenggal kata sambutan yang di berikan oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat Walinagari di Kabupaten Tanah Datar, Senin (28/8) di aula Indojolito.

Eka Putra menyampaikan bahwa pelantikan Walinagari ini merupakan amanat dari peraturan perundang-undangan.

“Kami berharap yang sudah di tunjuk dan di tetapkan status sebagai pejabat Walinagari, semoga saudara dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di nagari sampai di laksanakan dan terpilihnya Walinagari hasil pemilihan Walinagari serentak tahun 2023 ini,” kata Bupati Eka Putra.

Kemudian, Eka Putra menjelaskan, pelantikan ini merupakan amanat perundang-undangan yang mana Walinagari berhenti karena tiga hal, antara lain pertama meninggal dunia, kedua permintaan sendiri dan terakhir di berhentikan.

“Pada kesempatan ini sebanyak 12 Walinagari di berhentikan karena permintaan sendiri dengan alasan Insyaallah melanjutkan pengabdiannya di DPRD Kabupaten Tanah Datar. Saya selaku kepala daerah mendoakan semoga terpilih oleh masyarakat dan duduk di DPRD Kabupaten Tanah Datar,” sambungnya.

Lebih lanjut, Bupati Eka Putra atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas jasa dan pengabdian dari Walinagari yang di lantik ini.

“Semoga pengabdian saudara ini menjadi amal ibadah dan di terima oleh Allah SWT,” ucap Eka Putra.

Kemudian, Eka Putra juga menyampaikan beberapa hal kepada pejabat Walinagari yang baru saja di lantik, yaitu harus pandai menyembunyikan diri dengan tempat dan jabatan yang baru, meningkatkan koordinasi dengan camat, forkopimca dan lembaga yang ada di nagari.

“Koordinasi dengan jajaran pemerintahan nagari secara internal, melakukan monitoring dan rapat koordinasi dengan BPRN, KAN, lembaga unsur dan seluruh pemangku kepentingan di tingkat nagari secara berkala, kemudian berpartisipasi dan ikut serta berproses dalam pemilihan Walinagari tahun 2023 yang saat ini tahapannya sedang berlangsung,” papar Eka Putra.

BACA JUGA :  Bupati Buka Acara Maulid Nabi di Koto Baru

Terakhir, sebelum mengakhiri kata sambutannya, Bupati Eka berpantun, hujan gerimis di siang hari, rumput basah tanah pun lembab, selamat di Lantik pejabat Walinagari, laksanakan tugas penuh dengan tanggungjawab. (Dwi)