Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur Imbau Masyarakat Untuk Santun Dalam Berkampanye Saat Melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai 

213

padangexpo.com (Parit Malintang, Padang Pariaman)

Bertekad untuk menciptakan ketertiban dan keamanan pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman mengadakan deklarasi damai bersama, digelar di Mapolres Kota Pariaman, Selasa (5/9).

Hadir dalam kegiatan deklarasi tersebut kedua Kepala Daerah, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, unsur Forkopimda, KPU dan Bawaslu, Ketua Partai Politik peserta Pemilu, Pimpinan Ormas dan relawan, serta pihak terkait lainnya se Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan dalam momen Pemilu Padang Pariaman dan Kota Pariman terkenal dengan Pemilu badunsanak. Makanya sangat menyambut baik dan mendukung deklarasi ini,” deklarasi ini harus benar-benar diwujudkan,” ujarnya.

“Jangan hanya sebagai wacana atau slogan belaka, tetapi harus diwujudkan dalam bentuk komitmen nyata,” tegas Suhatri Bur.

Seiring dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat pada tahun politik itu cenderung memanas, sangat dituntut peran berbagai lapisan masyarakat, agar stabilitas suhu perpolitikan itu tetap terjaga.

Suhatri Bur menilai, untuk menjaga stabilitas politik itu bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah dan TNI/Polri saja, melainkan tanggungjawab bersama termasuk peserta pemilu dan para pendukungnya.

“Dengan adanya deklarasi Pemilu damai ini hendaknya kita dapat berperan membantu penyelenggara dalam melaksanakan Pemilu di Padang Pariaman dan Kota Pariaman secara damai dan optimal,” terangnya.

Bupati Suhatri Bur mengimbau kepada ASN, TNI/Polri untuk menjaga netralitasnya dalam pemilu nanti agar dapat mengawasi keterpenuhan hak pilih masyarakat, sehingga masyarakat memiliki integritas sebagai seorang pemilih dan hak konstitusionalnya digunakan dengan penuh tanggungjawab.

“Kami mengimbau peserta Pemilu agar bisa menunjukkan sportifitas dan yang paling utama adalah santun berkampanye dalam mencari simpati masyarakat, agar masyarakat bisa meningkatkan partisipasi untuk mengikuti Pemilu nanti,” ujarnya.

BACA JUGA :  Dishub Kab Padang Pariaman Dikunjungi Team Penilai dari Kementerian Perhubungan

Kapolres Padang Pariaman AKBP Bagus Ikhwan juga menyatakan bahwa deklarasi pemilu ini dianggap penting. Hal ini katanya, dalam rangka mengantisipasi kerawanan jelang tahapan Pemilu 2024 dan menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Padang Pariaman.

“Kami berharap melalui deklarasi ini, para stakeholder berkomitmen menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi. Deklarasi ini hendaknya dilandasi dengan niat bersungguh-sungguh agar dapat meminimalisir pelanggaran saat kampanye berlangsung,” ajaknya

Kapolres Pariaman AKBP Abdul Aziz menyampaikan bahwa Pemilu 2024 menjadi tantangan berat bagi kita sebagai stakeholder yang terlibat dalam penyelenggaraan.

“Untuk antisipasi dan menciptakan suasana yang kondusif, maka perlu dilakukan deklarasi damai seperti pada hari ini,” ujarnya.

Deklarasi tersebut juga dilangsungkan penandatanganan kesepakatan bersama oleh seluruh pengurus partai yang disaksikan oleh Bupati Suhatri Bur, Walikota Pariaman Genius Umar dan seluruh unsur forkopimda. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian naskah deklarasi damai yang dipimpin oleh Ketua KPU Kota Pariaman dan diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. (ADP)