Lemhanas RI Bersama Pemko Bukittinggi Tanda Tangani Perjanjian Kerjasama

230

padangexpo.com (Bukittinggi)

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia tandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dilaksanakan pada kegiatan Focuss Group Discussion (FGD) bertema Transformasi Digital dalam Ketahanan Nasional, dengan menghadirkan  narasumber Dr. Eng Budi Rahmadya M.Eng dihadiri jajaran Lemhanas RI dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemko Bukittinggi, brrtempat di Aula Balaikota, Jumat (24/11-23).

Plt. Gubernur Lemhanas RI Laksamana Madya TNI. Maman Firmansyah, mengatakan Lemhanas RI memiliki tugas meliputi Pendidikan untuk mempersiapkan Pemimpin Nasional, Pengkajian Stategik, Pemantapan Nilai Kebangsaan dan pelaksanaan penelitian dan pengukuran ketahanan nasional seluruh wilayah Indonesia.

“Kita ingin melihat bagaimana pengukuran Ketahanan Nasional di Kota Bukittinggi. Lemhanas RI sudah punya metode untuk pengukuran tersebut, Wali Kota Bukittinggi juga membutuhkan kajian dan kerjasama Antara Lemhanas dengan Pemko Bukittinggi termasuk.memberikan wawasan kebangsaan serta pencerahan tentang Ketahanan Nasional,” kata Laksamana Madya TNI. Maman Firmansyah, Maman menambahkan, transformasi digital menjadi kebutuhan saat ini. Transformasi Digital sangat penting. Untuk itu, FGD ini bertujuan untuk melihat kesiapan dan peluang menghadapi era digital.

“Bagaimana kita menghadapi ancaman ketahanan digital. Untuk itu, perlu pembangunan SDM yang unggul di bidang teknologi, cyber harus dikuasai anak muda. Jadi, penguasan teknologi adalah keharusan dan harus dimiliki anak muda. Hal ini perlu kolaborasi sektor publik dan swasta untuk bersinergi menciptakan sistem digital yang kuat.

Kita harapkan peserta FGD bisa memahami apa pentingnya transformasi digital,” ujar Maman Firmansyah.

Wali Kota Bukittinggi melalui Plh.Sekda Syafnir, menyambut positif perjanjian kerjasama dengan Lemhanas RI terkait Ketahanan Nasional khususnya di Kota Bukittinggi. Selain itu, FGD tentang transformasi digital dalam ketahanan nasional memang jadi agenda penting saat ini.

BACA JUGA :  Tim 3 Safari Ramadan 1444 H Pemko Bukittinggi yang Dipimpin Ketua DPRD Kunjungi Masjid Al Wustha, Gantiang

“Ketahanan Nasional yang baik sangat diperlukan. Di era digitalisasi ini, juga perlu kemampuan IT dan teknologi yang baik. Fungsi pemantapan nilai- nilai kebangsaan menjadi salah satu tugas dari Lemhanas RI. Atas nama Pemko Bukittinggi, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt Gubernur Lemhanas RI bersama jajaran, yang telah memilih Bukittinggi terkait kerjasama Ketahanan Nasional ini,” kata Siyafnir. Syafnir.(fadhil)