Serahkan Rp, 8.6 M Lebih Bantuan El Nino, Ini Pesan Bupati Eka Putra

178

Padangexpo.com, Tanah Datar -Perjuangan dan loby pada pertemuan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM dengan Sekjen Kementerian Sosial RI di Jakarta beberapa waktu yang lalu, akhirnya membuahkan hasil. Hari ini Kabupaten Tanah Datar mendapatkan kucuran dana dari Kementerian Sosial sebesar Rp. 8.687.600.000,00 (Delapan Milyar Enam Ratus Delapan Puluh Juta Enam Ratus) yang akan di saluran untuk 21.719 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Kelompok PKH dan BPNT melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino atau dampak kondisi cuaca ekstrem.

Penyerahan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino dari Kementerian Sosial yang di serahkan oleh Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM di Kantor Pos Batusangkar, di hadiri oleh masyarakat penerima bantuan tersebut, Kamis (28/12). Untuk di Tanah Datar sendiri, bantuan itu di terima oleh pamanfaat sebanyak 21.719 keluarga penerima manfaat (KPM) penerima bantuan sembako dan sembako PKH yang di salurkan melalui PT. POS Indonesia cabang Batusangkar.

Bupati Eka Putra pada kesempatan itu menyampaikan kepada penerima manfaat agar menggunakan bantuan ini sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhannnya.

“Pada hari ini, kita menyerahkan secara simbolis bantuan El Nino kepada masyarakat penerima manfaat sebanyak 21.719 KPM di Tanah Datar ini. Pada masyarakat yang menerima bantuan ini betul-betul di manfaatkan. Bantuan El Nino adalah kebijakan Bapak Presiden Ir.Joko Widodo, melalui Kementerian Sosial yang tadinya akan langsung di serahkan oleh sekjen, namun berhalangan hadir. Melalui Dasar hukum : Kep Mensos No 191/HUK/2023 tentang Penyaluran Bantuan Langsung Tunai El Nino Tahun 2023 sebagaimana telah diubah dgn Kep Mensos No 196/HUK/2023 tentang Perubahan atas Kep Mensos No 191/HUK/2023 dan Keputusan Dirjen Pemberdayaan Sosial No 160/5/SK/HK.01/12/2023 tentang Juknis Penyaluran BLT El Nino Tahun 2023. Penerima bantuan sebanyak 21.719 KPM yg merupakan penerima bantuan Sembako dan bantuan Sembako PKH, yg disalurkan melalui PT Pos sebanyak 460 KPM. dan melalui BRI sebanyak 21.509 KPM dengan besaran bantuan Rp. 200.000 per bulan dibayarkan untuk bulan November dan Desember 2023 dengan total bantuan senilai Rp. 8.687.600.000,” jelas Bupati Eka Putra.

BACA JUGA :  Terima Penghargaan Dari Kementan, Eka Putra, SE.MM: Saya Berikan Penghargaan Ini Untuk Masyarakat Tanah Datar dan Media

“Dan untuk PT. POS kami mengucapkan terimakasih banyak yang telah ikut membantu dan mensupport pemerintah daerah Kabupaten Tanah Datar maupun pemerintah Republik Indonesia dengan kerjasamanya yang baik selama ini baik bantuan beras, uang atau apapun itu, PT. POS selalu proaktif, semoga tetap amanah,” ujar Eka Putra.

Kemudian, terakhir Bupati Eka Putra menambahkan bahwa semoga di akhir tahun ini kita bisa berbuat baik pada masyarakat di kahir tahun Masehi ini tentu tujuannya adalah untuk mensejahterakan masyarakat.

“Pergunakan bantuan ini sebaik-baiknya semoga nanti akan menjadi barokah bagi penerima manfaat,” pungkas Eka Putra. (Dwi)