Berdasarkan Mubes ke VI, Bupati Suhatri Bur Resmi Kukuhkan DPP-PKDP Periode 2023 – 2028

280

padangexpo.com (Parit Malintang, Padang Pariaman)

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Periode 2023-2028 telah resmi dikukuhkan. Prosesi pengukuhan dipimpin oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, berlangsung kemarin Minggu (18/06) di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman di Kawasan IKK Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung.

Ikut hadir dalam acara pengukuhan tersebut, Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi, Anggota DPD RI Leonardi Harmaini, Anggota DPR RI Hermanto, Wali Kota Pariaman Genius Umar, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, dan Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyudin, Bupati/Wali Kota dan perwakilan se-Sumatera Barat.

Ketua DPW dan DPD PKDP Se Indonesia, Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Yusnely Rahmang, Ketua DWP Yanti Rudy Rilis, serta Camat dan wali nagari se Kabupaten Padang Pariaman. Sejumlah tokoh masyarakat dan para pengusaha yang tergabung dalam wadah PKDP baik yang di ranah maupun yang dari rantau.

Untuk diketahui bahwa, kepengurusan yang telah dilantik dan dikukuhkan adalah hasil Musyawarah Besar (Mubes) Ke VI yang dilaksanakan bulan Maret 2023 yang lalu di Padang. Tim Formatur terpilih yang diketuai John Kennedi Aziz bersama Sekretaris Yobana Samial dan 7 anggota lainya, telah menyusun struktur dan personalia DPP PKDP Periode 2023-2028.

Struktur dan personalia kepengurusan yang telah tersusun berdasarkan Surat Keputusan DPP PKDP Nomor: 02/SK/DPP-PKDP/V/2023 Tentang Kepengurusan dan Personalia DPP PKDP Periode 2023-2028. Sebagai Ketua Umum adalah Ketua terpilih John Kennedi Azis, Wakil Ketua Umum, Irwan Sikumbang, Haji Amran Tambi, dan Kolonel Adrian Adek.

Sedangkan Sekretaris Jendral adalah Irwandi bersama wakilnya Faisal Hadi, Eka Putri Asnita, dan Dedy Nazaruddin sebagai Sekretaris Eksekutif. Kemudian Rustian sebagai Bendahara Umum dengan wakilnya Syahruddin. Kepengurusan DPP PKDP Periode 2023-2028 juga dilengkapi dengan 12 bidang kepengurusan.

BACA JUGA :  Bupati Suhatri Bur Resmi Buka Workshop Keprotokolan Daerah 2022

Tim Formatur juga menempatkan beberapa nama dan tokoh-tokoh Ranah Piaman dalam kepengurusan dengan latar belakang yang berbeda. Tampak didalamnya para politisi, akademisi, pengusaha, militer, dan tokoh birokrat senior yang satu-satunya ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Kepala Dinas Kominfo Zahirman.

Dengan kolaborasi dan sinergisitas ranah dan rantau, demikian juga dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Pelantikan yang disejalankan dengan Rakernas tersebut, terselenggara dengan baik, lancar dan sukses. Sejumlah program strategis telah dilahirkan dan berbagai rekomendasi untuk kemajuan Piaman dan pembangunan Ranah Piaman di masa yang akan datang.

Pelantikan dan Rakernas ini mengusung tema Saiyo Sakato jo Sabiduak Sadayuang membangun Ranah dan Rantau, dengan tagline pengurus PKDP Bijak di Rantau Paguno di Kampuang.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya menyampaikan ajakan kebersamaan untuk pembangunan Padang Pariaman yang lebih baik. Dia meminta ranah dan rantau bersatu untuk menggeliatkan pembangunan kedepannya.

“Sesuai dengan tema Saiyo Sakato jo Sabiduak Sadayuang bangun ranah dan rantau karena bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,” sebutnya memberi arahan.

Suhatri Bur juga menerangkan, PKDP adalah wadah bagi warga Piaman untuk berhimpun, baik secara person, keluarga, maupun secara organisasi dan kelompok kecil Piaman yang terbentuk di berbagai daerah. Makanya dia berharap, PKDP harus mengupayakan untuk mengumpulkan yang taserak (terpisah) dan menjemput yang tatingga (tertinggal).

“Dengan terbentuknya PKDP tidak membubarkan Ikatan Keluarga yang telah ada, bahkan keberadaan IK tersebut menjadi penobang kekokohan PKDP mulai dari tingkat daerah diberbagai wilayah termasuk DPP PKDP,” ulas Bupati Padang Pariaman ini.

Dalam kesempatan itu, Suhatri Bur juga mempromosi destinasi wisata dan bermacam produk lokal Padang Pariaman. Mulai dari kerajinan hingga kuliner olahan para pelaku UMKM di Padang Pariaman. Untuk peningkatan pemasarannya, dia meminta kerjasama dan keikutsertaan PKDP dalam mempromosikan hingga memasarkan produk dan tempat-tempat wisata tersebut di daerah masing-masing.

BACA JUGA :  BNPB Jadikan BPBD Padang Pariaman Percontohan Dalam Penanganan Infrastruktur Terdampak Bencana

“Sekarang adalah Pengukuhan perdana DPP PKDP di kampung halaman. Ini salah satu bentuk ajakan dan menginginkan keterlibatan PKDP untuk membangun Padang Pariaman melalui pertumbuhan dan peningkatan ekonomi di bidang UMKM dan pariwisata daerah,” tutupnya berharap.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi menyampaikan bahwa pembangunan daerah sangat menunggu peran para perantau. Makanya sangat banyak momen yang telah diciptakan dalam upaya memperkuat silaturrahim dengan para tokoh-tokoh yang ada di rantau. Termasuk katanya, momen pelantikan dan rakernas ini.

“PKDP sangat berperan dan berkontribusi membangun daerah termasuk mendukung pembangunan Sumatera Barat,” ulasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PKDP John Kenedy Azis menyampaikan bahwa Tagline PKDP adalah bijak di rantau dan paguno di kampuang. Semangat inilah katanya, yang membangun tekad untuk memajukan PKDP periode lima tahun yang akan datang.

Dia mengajak warga Piaman untuk kompak dan bersatu membangun daerah.
“PKDP yang telah diinisiasi oleh Bupati Anas Malik ini harus kita tingkatkan peran dan kontribusinya dalam mendukung pembangunan daerah Piaman kedepan,” tukuknya.

Prosesi pengukuhan selesai dan dilanjutkan dengan Rakernas yang membahas program kerja dan progres PKDP ke depan. Pada kesempatan itu, DPP PKDP memberikan penghargaan kepada pendiri PKDP Almarhum Anas Malik atas jasa dan perjuangannya membangun daerah.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum John Kenedy Azis, diterima oleh ahli waris Faisal Arifin. (ADP/rl)