Pemkab Solsel Usulkan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

233

Padang Aro – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan dibawah kepemimpinan Bupati H Khairunas dan Wabup H Yulian Efi terus mengupayakan berbagai bakal pembangunan di daerahnya, salah satunya terkait program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Kali Ini, Bupati H Khairunas beserta jajaran mengunjungi Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang yang berada dibawah Dirjen Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

Kunjungan diterima langsung Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V, Mochammad Dian Al-Ma’ruf, di Jl. Khatib Sulaiman, Padang, pada Senin (18/09/2023).

Dalam pertemuan ini, Khairunas menyampaikan beberapa usulan bantuan terkait pengelolaan dan pendistribusian air bersih kepada masyarakat melalui program SPAM.

Dikatakan Bupati, saat ini pemerintah belum optimal dalam menyediakan kebutuhan air bersih yang menjangkau dan merata kepada seluruh masyarakat.

“Di Solsel sangat banyak titik sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan namun belum mampu menyediakan sambungan pipa untuk mengalirkannya kepada masyarakat,” kata Khairunas.

Selain itu, saluran pipa milik Perusda Air Minum Tirta Saribu Sungai yang mengelola air bersih untuk daerahnya, perlu dilakukan pembaharuan seiring dengan pengembangan wilayah dan pemukiman masyarakat.

Kesempatan ini, Khairunas juga turut menyampaikan terimakasih kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera V yang telah melaksanakan berbagai pekerjaan normalisasi sungai di Kabupaten Solok Selatan.

Diantaranya normalisasi Batang Bangko dengan pagu dana sebesar 22M dan Batang Suliti sebesar 72M yang hari ini manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat Kecamatan Sungai Pagu dan sekitarnya.

Usulan yang disampaikan pemerintah kabupaten ini senilai Rp. 62,7 Miliar lenih dengan rincian sebagai berikut :
1. IPA SPAM Sungai Aro, Sungai Kapur
2. Pengadaan dan pemasangan pipa transmisi dan distribusi HDPE Pekonina.
3. SPAM IKK Talao.
4. SPAM IKK Air Dingin
5. SPAM IKK Bangko Padang
6. Pemasangan jaringan pipa transmisi dan HDPE Sumber Ampalu
7. Pemasangan jaringan pipa transmisi dan HDPE Sumber Sungai Duo

BACA JUGA :  Khairunas: Peningkatan Status Mushalla Menjadi Mesjid Hendaknya Dibarengi Dengan Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Ibadah

Mendampingi Bupati dalam kunjungan ini, Kepala Bapeda Taufik Efendi, Kepala BPKD Marfiandhika Arief yang juga selaku dewas PDAM, Kepala Dinas PUPR Indra Zuardi, Dirut PDAM Tirta Saribu Sungai, Kepala Bidang PSDA dan Bagian Perekonomian. (CSR)