Pj.Wako Payakumbuh Puji Kekompakan Jurnalis Luak Limopuluah

89

Padangexpo,Payakumbuh – Puluhan jurnalis yang bertugas di Kota Payakumbuh beraudiensi dengan Penjabat (Pj.) Wali Kota Payakumbuh, Jasman. Pertemuan yang berlangsung penuh keakraban itu digelar di pandopo rumah dinas wali kota setempat, Jumat siang (3/11/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Ketua PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota Aspon Dedi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman atas undangan pertemuan dengan seluruh insan pers yang bertugas di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota).

“Terima kasih atas penyambutan dan jamuannya bapak Pj. Wali Kota. Kami sangat apresiasi respon bapak Pj. Wali Kota atas terselenggaranya pertemuan hari ini,” ucap Aspon dalam sambutannya mewakili seluruh jurnalis.

Ia menyebut, bahwa jurnalis yang bertugas di dua daerah kakak adik ini sangat akur dan kompak. Meskipun bersaing sebagai perwakilan media masing-masing.

“Kita di Luak Limopuluah ini tergabung dalam organisasi-organisasi seperti PWI, AJI, SMSI, JMSI, IJTI dan PPWI. Alhamdulillah di sini kita cukup akur. Kita sering bercanda gurau di Balai Wartawan,” ungkapnya.

Aspon berharap, kedepannya sinergitas yang baik antara wartawan dan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh terus terjalin dimasa yang akan datang untuk kemajuan daerah.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman mengungkapkan, bahwa usai dirinya dilantik oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) sebagi Pj. Wali Kota Payakumbuh sudah sangat ingin bertemu dengan wartawan yang bertugas di Luak Limopuluah. Namun keinginan itu baru bisa terwujud setelah lebih kurang satu bulan dirinya menjabat Pj. Wali Kota Payakumbuh.

“Saya merasa terhormat bisa bertemu dengan kawan-kawan semua. Sebetulnya, empat hari usai dilantik saya sudah berkeinginan untuk melangsungkan pertemuan, namun ternyata jadwal tidak ada yang kosong, karena untuk bertemu dengan kawan-kawan itu harus santai. Untuk itu, saya minta maaf pertemuan ini baru bisa terealisasi hari ini,” kata Jasman yang hadiri didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Junaidi.

BACA JUGA :  Jaga Silaturahmi dan Kekompakan, Forkopimda Kota Payakumbuh Olah Raga Bersama

Jasman mengapresiasi kekompakkan seluruh organisasi pers yang ada di Kota Payakumbuh. Ia berharap kedepannya seluruh organisasi pers yang ada di Indonesia juga ada di Kota Payakumbuh.

“Luar biasa kekompakkan kawan-kawan wartawan. Kita berharap seluruh organisasi konstituen Dewan Pers ada di Luak Limopuluah. Karena bagaimana pun, profesi wartawan itu adalah profesi yang mulia, apalagi sosial kontrolnya sangat dibutuhkan di tengah-tengah maayarakat untuk kemajuan daerah,” tutur Jasman.

Selain itu, Jasman juga menegaskan bahwa Pemerintah Kota Payakumbuh dibawah kepemimpinannya tidak anti kritik. Ia mengatakan pihaknya terbuka terhadap kritikan selama kritikan yang disampaikan itu sifatnya membangun daerah dan diselingi solusi.

“Silahkan kritik kami selaku pemerintah kota. Kapan perlu kritikan itu sampaikan langsung kepada kami. Selama kritik itu membangun dan diselingi dengan solusi. Namun, nama baik Kota Payakumbuh yang kita cintai ini harus tetap kita jaga bersama,” katanya.

Jasman mengakui bahwa dalam membangun Kota Payakumbuh, pihaknya tidak bisa bekerja sendirian, ia menyebut dukungan pers sangat dibutuhkan untuk memajukan Kota Randang.

“Mari kita bersinergi dan bekerja sama dalam memajukan Kota Payakumbuh. Karena dalam menjalan kegiatan, kami tidak bisa sendiri, perlu dukungan kawan-kawan wartawan semua,” ujar Jasman.

“Saya sangat setuju wartawan harus kompeten. Sebab wartawan kompeten inilah yang menerapkan kaidah jurnalistik dalam melakoni profesi wartawan. Kami sangat mendukung upaya peningkatan SDM dan kompetensi wartawan di Kota Payakumbuh. Kalau kita tidak bisa mendukung dari segi penganggaran kita usahakan ada dari pihak ketiga. Artinya, UKW ini sangat kita dukung,” pungkasnya(Ken)