Penilaian Kelurahan Sehat Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2023, Kelurahan Belakang Balok Raih Peringkat Pertama

260

padangexpo.com (Bukittinggi)

Kelurahan Belakang Balok, menjadi yang terbaik dalam penilaian kelurahan sehat tingkat Kota Bukittinggi tahun 2023. Hal itu diumumkan dalam perhelatan pembukaan Pedati ke 13 tahun 2023, di Lapangan Wirabraja, Sabtu (09/12-23).

Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Bukittinggi, Ny. Fiona Erman Safar, menyampaikan penilaian kelurahan sehat, merupakan salah satu inovasi dari FKS yang dilaksanakan beberapa tahun terakhir. Untuk tahun 2023, penilaian telah.dilaksanakan pada bulan Juli lalu.

“Banyak indikator yang kita nilai, diantaranya terkait kelembagaan dan juga keaktifan pokja serta warga dalam menciptakan kelurahan yang sehat, bersih, aman dan nyaman,” ujar Fiona Erman Safar.

Fiona menjelaskan, penilaian kelurahan sehat ini, merupakan salah satu upaya bagaimana menciptakan Kota Bukittinggi yang sehat, bersih, aman dan nyaman.

Dengan upaya itu, Bukittinggi pada tahun ini, juga berhasil meraih penghargaan Kota Sehat tingkat nasional, Swasti Saba Wiwerda.

“Alhamdulillah, tahun ini kita meraih Swasti Saba Wiwerda. Secara resmi, kita serahkan penghargaan ini kepada Bapak Wali Kota pada malam pembukaan pedati ini. Kemudian, kita serahkan juga penghargaan pada kelurahan sehat Kota Bukittinggi,” jelas Fiona.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengaku bangga dengan upaya dan kerja keras tim pembina, pengurus FKS, FKKS di kecamatan dan juga Pokja Kelurahan Sehat. Dengan kebersamaan itu, Bukittinggi kembali berhasil meraih Swasti Saba Wiwerda.

“Alhamdulillah kita dapatkan penghargaan kota.sehat tingkat nasional. Tentunya ini kita persembahkan untuk masyarakat Bukittinggi. Kami di pemko akan terus mengupayakan bagaimana masyarakat dan lingkungan Kota Bukittinggi sehat, bersih, aman dan nyaman, baik.untuk warga maupun untuk pengunjung. Kami juga ucapkan selamat pada para pemenang lomba kelurahan sehat,” kata Erman Safar.

BACA JUGA :  Kelompok Tani Ngarai Saiyo Laksanakan Panen Raya Tahun 2020

Hasil penilaian tim, lomba kelurahan sehat untuk tahun 2023, juara 1 diraih oleh Kelurahan Belakang Balok. Juara 2 diraih oleh Kelurahan Birugo dan juara 3 diraih oleh Kelurahan Aur Kuning. (fadhil)