Mengatasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran, Pemkab Solok Gelar Rapat Bersama Kemendagri Secara Virtual

115

padangexpo.com (Kabupaten Solok)

Serius dalam menghadapi kenaikan harga bahan pokok menjelang lebaran Idul Fitri 1445 H, Pemerintah Kabupaten Solok mengikuti Rapat Pengendalian Daerah secara virtual di ruang rapat Setda Kabupaten Solok Arosuka, Senin, 19 Februari 2024.

Rapat dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kemendagri, Tomsi Tohir, Pemerintah Kabupaten Solok di wakili oleh Staf Ahli Bupati, Eva Nasri, Asisten II Setda, Deni Prihatni, dan Pimpinan OPD terkait.

Dalam hal ini, Tom Sitohir meminta semua pihak untuk lebih fokus dalam pengendalian inflasi, mengingat adanya kenaikan harga beberapa bahan pokok, “Pada rapat pagi ini saya berharap kita bisa lebih fokus lagi. Kita tahu sudah, penyakitnya apa, beras naik, jagung naik, tepung naik, bawang putih naik,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya mencari jalan keluar yang terbaik dalam mengatasi kenaikan harga tersebut.

Deputi Distribusi dari BPS, Fuji Ismartini, memberikan tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga mingguan ke-3 Februari 2024. Ia menjelaskan bahwa setiap bulan Februari cenderung mengalami inflasi, namun relatif lebih rendah dibandingkan dengan bulan Januari.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga termasuk minyak goreng, beras, cabe merah, dan daging ayam ras.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Bupati Solok, Eva Nasri, mendorong agar dinas terkait terus melakukan survei harga di pasar-pasar untuk memantau kenaikan harga kebutuhan pokok. Ia juga mengusulkan pelaksanaan pasar murah di beberapa titik lokasi di Kabupaten Solok untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok. (d79)

BACA JUGA :  Dodi Hendra Resmi Dilantik Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok, Sisa Masa Jabatan 2019-2024