29 Rekomendasi Diberikan DPRD Terhadap LKPJ Bupati TA 2023

58

Padangexpo.com,  Tanah Datar-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar menggelar Rapat Paripurna penyampaian keputusan DPRD tentang rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tanah Datar tahun 2023, di Ruang Sidang Utama DPRD setempat, Kamis (4/4).

Rapat yang dipimpin Ketua H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu didampingi Wakil Ketua DPRD Anton Yondra dan Saidani bersama 26 anggota, juga dihadiri Bupati EkaPutra, Forkopimda, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, para Asisten, Staf Ahli dan pimpinan OPD, Camat, Wali Nagari dan undangan lainnya.

“Berdasarkan nota LKPj Bupati Tanah Datar tahun 2023 yang serahkan tanggal 13 Maret 2024 lalu, DPRD Tanah Datar melaksanakan pembahasan dengan mitra dan turun langsung ke masyarakat dan telah di sepakati pada hari ini dengan 29 rekomendasi,” kata Mulyadi Dt.Bungsu.

Rekomendasi yang di sampaikan DPRD untuk dilaksanakan oleh Bupati demi tercapai dan suksesnya kinerja Pemerintah Daerah ke depan dan juga mempedomani visi dan misi sebagai tolak ukur untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

Adapun, rekomendasi DPRD dibacakan oleh Wakil Ketua Anton Yondra, diantaranya adalah Pemerintah Daerah/Bupati diminta melakukan pengawasan secara maksimal terhadap kinerja, Integritas dalam proses pengadaan barang dan jasa agar tidak terpengaruh oleh intervensi dari pihak lainnya.

Selanjutnya, Pemerintah Daerah juga diminta untuk lebih memperhatikan daerah-daerah perbatasan agar tidak lagi terjadi pengalihan wilayah kepada kabupaten/ Kota tetangga serta meningkatkan pengawasan atas kegiatan pembangunan di nagari, agar hasil kegiatan tersebut maksimal.

Lebih lanjut, katanya, dalam melaksanakan beberapa program unggulan daerah oleh OPD terkait, untuk lebih maksimal dan profesional lagi, agar manfaatnya benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

Terkait dalam penyaluran bantuan sosial, DPRD meminta Bupati bersama OPD terkait untuk melakukan akurasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) agar tidak terjadi lagi kendala dan permasalahan dalam penyaluran bantuan sosial.

BACA JUGA :  Andri, S.Sos Dt.Maliputi Alam: Ini Adalah Bentuk Perhatian dan Kepedulian Bupati Terhadap Nagari Simawang

Diakhir rekomendasi DPRD, ia juga sampaikan apresiasi dan terima kasih atas prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, mulai dari tingkat daerah sampai ke tingkat pusat.

Sementara itu, Bupati Eka Putra menyampaikan pelaksanaan program dan kegiatan pada tahun 2023, telah diusahakan untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya, bagi kepentingan segenap lapisan masyarakat Kabupaten Tanah Datar.

“Keberhasilan yang kita capai, merupakan hasil kerjasama kita semua antara Pemerintah Daerah dan DPRD, dengan dukungan Forum Koordinasi Pimpinan di daerah dan stakeholders lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan selaku pimpinan daerah tiada henti-hentinya mengimbau kepada seluruh OPD untuk senantiasa meningkatkan kinerja dengan tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugas demi kemajuan Tanah Datar.

Diakhir Rapat Paripurna, Ketua DPRD, H Rony Mulyadi Dt. Bungsu didampingi para Wakil dan Sekwan secara resmi menyerahkan naskah Rekomendasi DPRD kepada Bupati Eka Putra. (Dwi)