Padang Raih Penghargaan Kota Terbaik Dalam Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem 2023

268

Padangexpo.com, Padang – Kota Padang kembali meraih penghargaan sebagai kota terbaik di Indonesia dalam percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023, penghargaan langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, Kamis (9-11-2023) di Jakarta.

Selain mendapatkan piagam penghargaan sebagai daerah yang telah berhasil meningkatkan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem 2023 di lingkungan pemerintah daerahnya, kota Padang juga mendapatkan dana insentif fiskal sebesar Rp5,3 Milliar dari pemerintah pusat.

Dikutip dari salinan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor : 350 tahun 2023 tentang rincian alokasi insentif fiskal kinerja tahun berjalan kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat pada tahun anggaran 2023, sejumlah daerah lainnya di Sumatera Barat yang juga mendapat penghargaan dari Wakil Presiden adalah Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Khusus untuk pemerintah Kabupaten Sijunjung juga mendapatkan Piagam Penghargaan Kinerja dan mendapat dana insentif fiskal sebesar Rp6 Milliar lebih dalam kategori mengupayakan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023 didaerahnya.

Berdasarkan salinan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor : 350 tahun 2023 tentang rincian alokasi insentif fiskal kinerja tahun berjalan katergori peningkatan kesejahteraan masyarakat pada tahun anggaran 2023, sedikitnya ada 3 pemerintah daerah di Sumbar yang mendapat piagam penghargaan kinerja dari pemerintah pusat dan Pj. Walikota Payakumbuh, Jasman adalah salah satu kepala daerah yang diberikan kesempatan mewakili atau menerima secara simbolik.

Wakil Walikota Padang, Ekos Albar, yang dikonfirmasi membenarkan, bahwa Pemerintah Kota Padang mendapatkan piagam penghargaan kinerja dari perintah pusat.

“Alhamdulullah, Pemerintah Kota Padang juga mendapatkan Piagam Penghargaan Kinerja dari Pemerintah Pusat dan sekaligus mendapatkan dana insentif fiskal sebanyak Rp5,3 Miliiar dalam kategori upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem tahun 2023 yang serahkan langsung Bapak Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin,” kata Ekos Albar.

BACA JUGA :  Agus Salim Tanjung Terima Mahasiswa/i Ilmu Politik FISIP USU Untuk Diskusi dan Wawancara Tentang Lingkungan

Selain itu kata Ekos, tiga pasar di Kota Padang juga menerima penghargaan sebagai pasar tertib ukur di Indonesia daru Kementerian Perdagangan RI.

“Alhamdulillah tiga pasar di Kota Padang juga baru saja menerima penghargaan sebagai pasar tertib ukur di Indonesia dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. Tiga pasar itu yakni, pasar Ulak Karang, pasar Alai dan pasar Tanah Kongsi,” pungkasnya(Ken)