Peran Tekhnologi dalam Bidang Pendidikan serta Manfaat dan Tantangan yang Dihadapi

230

Oleh: Novitri Cahyani

Kemajuan teknologi pada masa sekarang sangat berperan penting bagi kehidupan. Hampir semua aspek ikut serta dalam kemajuan teknologi, berbicara tentang teknologi tidak akan terpisahkan dari internet dan gadget. Teknologi adalah suatu sarana untuk menjalankan kegiatan harian yang dilakukan oleh manusia dalam bekerja atau dalam dunia pendidikan. kemajuan teknologi ini tidak saja membawa dampak positif bagi pendidikan tapi, juga membawa dampak negatif pada perubahan perilaku yang dilakukan oleh para siswa yang dapat merusak norma atau peraturan pendidikan dalam kehidupan sosial.

Artikel ini membahas mengenai kemajuan teknologi dalam sistem pendidikan. Teknologi disini tidak hanya terfokus kepada komputer atau perangkat lainnya, melainkan tentang proses dan sistem yang mengarah pada hasil yang diinginkan. Teknologi juga hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan maka sudah seharusnya pembelajaran itu memakai teknologi untuk menunjang penerapan Pendidikan.

Dengan adanya kemajuan teknologi pada saat ini, semua pihak yang ada dalam dunia pendidikan harus dapat mengimbangi dan mengikuti teknologi yang ada.

Teknologi dalam menunjang pendidikan diharapkan dapat membantu para pengajar dan pelajar dalam melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah, jadi guru dapat terbantu dalam menerangkan materi kepada para murid. Dalam proses pembelajaran dikelas guru membutuhkan media atau alat yang berbau teknologi untuk memperlancar proses pembelajaran.

Teknologi sangat membantu dalam pemberian pelatihan pendidikan kepada guru atau siswa supaya ketika terjun ke lapangan dapat mengunakan fasilitas belajar yang ada dalam perkembangan teknologi.

Pada saat ini hampir seluruh sistem pendidikan sudah menggunakan teknologi seperti media pembelajaran menggunakan E- learing yaitu pembelajaran yang dapat dilaksanakan dimana saja dan kapanpun artinya jarak dan waktu tidak jadi penghalang untuk belajar. Dalam proses pembelajaran secara efektif yang dihasilkan dengan cara menggabungkan penyampaian materi secara digital yang terdiri dari dukungan dan layanan dalam belajar.

BACA JUGA :  Teruslah ke Surga, Bang In

Sistem E- learning diharapkan bukan sekedar menggantikan tetapi diharapkan dapat menambahkan metode dan materi pembelajaran.

Manfaat dari kemajuan teknologi terhadap pendidikan diantara nya: Adanya media sebagai sumber ilmu yang dapat memudahkan kita untuk belajar contonya media digital seperti zoom dan google meet . Adanya metode pembelajaran baru yang efektif dan inovatif sehingga siswa tidak jenuh dan dapat mengerti materi yang disampaikan contohnya seperti media pembelajaran yang menarik di upload di Classroom dan Ed-link sebagai materi pembelajaran siswa dan dapat dibuka kapanpun.Kebutuhan fasilitas pendidikan mudah dipenuhi dengan cepat dan fasilitas menjadi lebih baik dengan adanya teknologi.

Tantangan yang dihadapi dari kemajuan teknologi terhadap pendidikan diantaranya: penurunan kualitas pembelajaran karena peserta didik tidak bertemu langsung, sejak adanya media pembelajaran digital seperti zoom dan google meet banyak siswa yang mengeluh karena hanya mendapatkan materi saja selama zoom dan tidak bisa melakukan praktek secara langsung selain itu banyak guru yang mengeluh karena banyaknya siswa yang tidak paham terhadap materi yang disampaikan.

Media pembelajaran daring yang berbayar seperti zoom ketika kita tidak berlangganan terlebih dahulu maka waktu yang diberikan untuk pembelajaran dibatasi sehingga materi yang disampaikan tidak relevan.