BPS Bersama Pemko Gelar Pembinaan Statistik Sektoral Kota Bukittinggi Tahun 2024

196

Bukittinggi, Padang Expo

Badan Pusat Statistik (BPS) bersama Pemko Bukittinggi gelar pembinaan statistik sektoral Bukittinggi 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Grand Bunda, Selasa, (05/03-24).

Wali Kota Bukittinggi, melalui Sekda, Martias Wanto, didampingi Kabid Statistik dan IKP Diskominfo, Ramon Arisa Putra, menyampaikan, data merupakan aset penting bagi pembangunan suatu daerah. Perencanaan yang tepat adalah perencanaan berbasis data. Pembangunan yang berhasil, merupakan pembangunan berbasis perencanaan yang tepat.

Tahun 2023 Bukittinggi menjadi kota dengan kenaikan IPM tercepat di Sumbar. Bukittinggi juga jadi kota dengan upaya penekanan angka kemiskinan terbesar di Sumbar. Ini data.

“Keberhasilan ini, sesuai arahan Bapak Wali Kota untuk lebih prioritaskan pembangunan ekonomi masyarakat dibanding pembangunan fisik. Ini tentu diawali dengan perencanaan yang tepat, melalui data yang akurat,” ujar Martias Wanto.

Kepala BPS Bukittinggi, Abdi Gunawan menjelaskan, kegiatan ini menjadi salah satiu langkah untuk mensukseskan program satu data. Pembinaan statistik sektoral ini merupakan upaya untuk mencapai program satu Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang perwakilan dari SKPD di lingkungan Pemko Bukittinggi. BPS Kota Bukittinggi dari tahun 2020  terus berkomitmen untuk membantu satuan kerja atau OPD di Kota Bukittinggi untuk memaksimalkan penyajian pengelolaan data statistik, ” jelas Abdi Gunawan. (fadhil)

BACA JUGA :  Enam Fraksi DPRD Bukittinggi "Berikan Saran  dan Kritikan Konstruktif" Atas Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah