Tinjau Peningkatan Jalan Kapujan-Rimbo Data Bersama DPR-RI, Bupati Epyardi Asda : Semoga Bermanfaat Bagi Masyarakat

150

padangexpo.com (Kabupaten Solok)

Bersama Anggota DPR RI, Bupati Solok, Capt. Epyardi Asda tinjau peningkatan Jalan Kapujan-Rimbo Data melalui Inpres Jalan Daerah. Kegiatan tersebut berlangsung di Jorong Rimbo Data Nagari Sungai Nanam, 6 Februari 2024.

Hadir dalam peninjauan tersebut, Kepala Balai Penelitian Jalan Nasional (BPJN) II Sumatera Barat, Thabrani, dan stafnya.

Bupati Solok didampingi oleh Kepala Dinas PUPR, Evia Vivi Fortuna, beserta pejabat dan tokoh masyarakat setempat.

Proyek peningkatan jalan Kapujan-Rimbo Data ini muncul sebagai hasil usulan dari Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi, pada tahun 2022. Usulan tersebut diinisiasi setelah kunjungan kerja ke Nagari Rangkiang Luluih pada Juni 2022.

Sedangkan dana untuk peningkatan jalan ini berasal dari Inpres dengan total anggaran mencapai 39 miliar Rupiah.

Athari Gauthi Ardi menjelaskan bahwa peningkatan akses jalan ini merupakan kolaborasi dengan Kementerian PUPR, khususnya Ditjen Bina Marga.

Hal ini bertujuan untuk mendukung pembangunan akses jalan di daerah Terluar, Tertinggal, dan Terisolir (3T).

Sejauh ini, sekitar 9 kilometer dari total panjang 16,257 kilometer jalan Kapujan-Rimbo Data telah selesai. Dan sisa pekerjaan diharapkan dapat dilanjutkan dengan anggaran Inpres pada tahun 2024.

Kepala BPJN II Sumbar, Thabrani, berterimakasih kepada Bupati Solok dan masyarakat atas dukungan terhadap paket Inpres Jalan Daerah Kapujan-Rimbo Data.

Proyek ini berhasil menyelesaikan 9 kilometer ruas jalan, meningkatkan konektivitas antar daerah, serta mengurangi isolasi di wilayah Kapujan-Rimbo Data.

Bupati Solok, Capt. Epyardi Asda, mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap Anggota DPR RI dan Kementerian PUPR atas kontribusi dalam peningkatan akses jalan.

Harapannya, pembangunan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di Kecamatan Tigo Lurah, yang sebelumnya mengalami kondisi terisolasi dan mempercepat perjalanan ke Tigo Lurah hingga enam hingga tujuh jam. (d79)

BACA JUGA :  Pemkab Solok Gelar Vaksinasi CoVID-19 Tahap Dua Bagi TNI- POLRI dan Kantor Pelayanan Publik